Selasa, 25 Juni 2019

Semarak Launching West Java Calendar of Event 2019



Untuk mencapai target kunjungan wisatawan 2019 -2023 untuk mancanegara sebesar 3 juta dan wisatawan nusantara 60 juta, diperlukan 2 pendekatan. Pertama melalui perbaikan sarana prasarana dan peningkatan destinasi agar daya tarik wisata semakin menarik  dan yang kedua dengan melengkapi even-even yang menarik bagi wisatawan dan mempromosikannya.

Oleh karenanya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat akan menggelar acara Launching West Java Calender of Event 2019, Selasa 25 Juni 2019, bertempat di Trans Luxury Hotel, Jl. Gatot Subroto, Kota Bandung. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dr. H. Dedi Taufik didampingi Kepala Bidang Pemasaran Iwan Darmawan, di ruang kerjanya, Senin  24 Juni 2019.

Rencananya, acara Launching ini, akan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Dirjen Kebudayaan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Hilmar Farid.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa Jawa Barat telah mendeklarasikan sebagai Provinsi pariwisata. Dalam deklarasi tersebut diputuskan bahwa pariwisata sebagai lokomotif ekonomi, dengan memakai 2 strategi Portopolio Pariwisata Jabar yaitu Nomadic Traveler dan Digital Toursim.

Dengan kedua strategi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Jawa Barat serta apresiasi wisatawan terhadap destinasi pariwisata yang ada di Jawa Barat semakin positif. Target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2019 mencapai 1.830.000 dan kunjungan wisatawan nusantara 48.000.000.

Selain memperbaiki sarana prasarana destinasi wisata, juga menyeleksi event-event yang dilaksanakan di Jawa Barat. Total event yang dilaksanakan di tahun 2019, sebanyak 262 event yang terdiri dari kebudayaan 85 event, kuliner 23 event, olahraga 24 event, religi 6 event, seni 113 event dan wisata/lainnya 11 event. 

Dengan jumlah event yang digelar di Jawa Barat ini, diharapkan dapat mendorong PDRB sector pariwisata setiap tahun dan target hingga 2023 dapat meningkat dua digit.  Serta, sinergi Pentahelix bisa terjadi sehingga harapan kedepan, penyelenggaraan bisa lebih professional.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar